Jumat, 15 Januari 2016

CARA MEMBUAT ROTI MARYAM SALMAN EMPUK

Resep Roti Maryam Salman Sederhana Empuk dan Lembut Spesial Asli Enak Banget. Roti Maryam adalah salah satu makanan roti khas dari timur tengah Arab, kalau di India di sebut roti Canai dibaca cane. Roti atau kue unik sederhana ini terbuat dari bahan adonan dasar tepung terigu, telur dan sedikit mentega dan minyak samin dengan bentuk bundar dan berlapis-lapis. Dari bahan dasar nya roti atau kue ini sangat sehat dan bergizi. Biasanya roti maryam lembut paling enak dimakan dengan lauk pendampingnya yaitu gulai daging kambing atau kare kambing atau kari ayam. Roti ini kini menjamur di berbagai kota besar, seperti Bandung, jakarta, surabaya, denpasar, semarang, gresik dan yogyakarta, baik dijual secara pribadi maupun secara franchise waralaba, sehingga usaha ini menjanjikan karena permintaan yang banyak apalagi pada saat bulan puasa ramadhan kata roti mariam rofa.

Foto Roti Canai/Cane Kare Kambing dan Kari Ayam
Gambar Roti Maryam Madu Manis Lembut

Cara makan roti maryam atau canai (cane) adalah dengan menyobek roti lembut tersebut kemudian sobekannya digunakan untuk menciduk gulai daging mirip cara makan resep roti prata India dan di Singapore, maka dari itu untuk menikmati roti ini adalah dengan makan menggunakan tangan langsung tanpa sendok atau garpu. Kombinasi roti dengan gulai ini memberikan sensasi kelezatan yang unik. Roti Canai khas India itu disantap dengan gulai kacang ijo atau daging kuah kari daging kata ncc. Resep roti maryam coklat adalah yang paling istimewa dari roti cane yang pernah ada, kemudian ada aneka topping keju, coklat meises, susu, kismis, tergantung selera masing-masing. Mau yang rasa asin atau manis.

Menu hidangan resepi roti maryam jajane vivi gurih ini cocok untuk dihidangkan pada acara-acara santai, walaupun demikian tetap bisa juga dihidangkan pada acara resmi. Jika ingin membuat sendiri kita siapkan artikel resepnya siapa tau bisa menginspirasi untuk berbisnis roti maryam di rumah selain untuk konsumsi sendiri. Proses memgolahnya mudah dan praktis bisa tonton video youtube. Aneka macam kreasi variasi dan jenis roti mariam ini ada yang manis dan tanpa telur. Saya sendiri lebih suka makannya dengan madu memang lebih lezat jika pakai gulai kare spesial. Berikut adalah proses pembuatan roti maryam step by step diulas secara lengkap.

RESEP ROTI MARYAM


BAHAN :
  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok teh garam
  • 4 sendok makan susu bubuk
  • 2 butir kuning telur
  • 2 butir telur
  • 450 ml air hangat
  • 175 ml minyak goreng untuk adonan
  • 100 ml minyak goreng untuk celupan
  • 50 gr margarin/butter/minyak samin
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Roti Cane

CARA MEMASAK ROTI MARYAM EMPUK :
  1. Campurkan minyak goreng, telur (2 butir telur dan 2 kuning telur) dan juga air.
  2. Aduk aduk bahan tersebut diatas dengan menggunakan whisk, aduk rata.
  3. Masukkan tepung terigu protein tinggi, garam, susu bubuk. Uleni hingga kalis.
  4. Bagi adonan sama rata kira kira 50 gram, bulatkan adonan. Olesi bagian atas dari adonan yang telah dibulatkan dengan minyak.
  5. Tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Giling adonan sampai tipis, bentuk oval panjang.
  7. Gulung menjadi gulungan panjang. Bentuk kerucut keatas.
  8. Diamkan sebentar kemudian giling lagi dengan ketebalan 1/2 cm.
  9. Panaskan minyak dalam wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak, goreng hingga kecokelatan.
  10. Angkat dan beri topping sesuai selera.

0 komentar:

Posting Komentar